Posting-1

Beri saya 5 menit untuk menjelaskan ini, saya tidak berniat untuk promosi produk, menjual barang, dapat backlink dari anda, atau mengharapkan traffic ramai ke blog ini, tapi satu yang saya harapkan dari anda adalah anda tahu tentang ini, tidak ada niat lain!.


Tahu apa??..., pasti satu pertanyaan yang langsung ada dipikiran anda, tapi kalau anda membaca judul dan alamat blog ini, anda bisa menduga walau mungkin belum tentu benar.

i-bank kepercayaan atau tepatnya identitas bank kepercayaan, adalah suatu tempat atau wadah bagi anda atau para netter sekalian untuk dapat menggunakannya menjadi sebuah symbol atau icon kepercayaan yang mutualis antara sesama netter untuk bertransaksi dengan aman dan terpercaya.

Sedikit cerita dan kisah timbulnya ide i-BK ini, saya, anda, dan mungkin semua  para netter yang baca blog ini pasti pernah melakukan transaksi online walaupun hanya sekali. Namun ini pengalaman saya yang menjadi pemicu konsep i-BK. Mungkin singkat saja, saya mengenal internet sudah cukup lama sejak 1999, saya sudah beberapa kali transaksi online, dan hasilnya tidak semua transaksi online saya berjalan lancar, artinya sebagian transaksi online saya kena tipu, mungkin sebagian dari netter yang baca ini bilang dengan gampang ‘ ya udah nasib lagi sial kali ‘(masa lebih dari 1 kali), masalahnya bukan berhenti disitu saja, kita pun akan curiga dengan segala jenis transaksi online yang ada di internet, yang pada akhirnya akan membelenggu kita dan selalu ragu untuk menggunakan fasilitas yang praktis dan simple ini, dan juga akan membatasi kesuksesan para pebisnis online, atau para penjual di internet yang jujur dan terpercaya, sedangkan para pebisnis dan penjual tukang tipu akan terus menghantui kita selamanya, apakah ini yang kita kehendaki ??...

Jujur, gimana perasaan mereka atau mungkin kita sendiri, bila sudah susah payah kita mengumpulkan sejumlah uang, bahkan mungkin ada yang sampai banting tulang peras keringat, untuk bisa sedikit-sedikit menabung agar bisa membeli sesuatu yang disukainya di internet, dan ketika waktunya untuk membeli dan memiliki apa yang di inginkannya, namun impian itu jadi hancur berantakan gara-gara, anda bertransaksi dengan admin situs yang berwatak penipu, sungguh pengalaman ini bisa membuat kita sedih, patah semangat, bahkan bisa jadi kepikiran berhari-hari, dan bisa membuat anda kapok untuk bertransaksi lagi dengan internet, atau minimal anda akan menjadi sangat-sangat sensitive dan waspada bila anda ingin transaksi lagi. Tapi pertanyaannya sampai kapan ??....

Cukup sudah bangsa kita masuk daftar blacklist atau daftar hitam Negara yang paling banyak melakukan penipuan, baik dinegara sendiri atau dinegara lain, cukup sudah untuk para penipu, kini kita saatnya memberikan rasa aman dan nyaman kepada semua konsumen dan pengguna transaksi internet di Indonesia. Mari sekarang kita wujudkan bersama untuk membangun kepercayaan dalam dunia transaksi internet di Indonesia dengan ketulusan dari hati dan dari masing-masing pribadi kita. Mari kita perbaiki citra bangsa Indonesia dimata dunia dalam hal transaksi online yang aman dan terpercaya.

Semua tahu bahwa untuk mewujudkan ide dan tujuan ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, atau menggoreng pisang goreng, dan saya sudah terpikirkan hal itu, namun bila kita selalu berusaha dan berjuang terus, impian ini pasti akan terwujud walaupun sedikit demi sedikit. Lalu bagaimana langkah awal dalam mewujudkan konsep ide i-BK ini ?..., mungkin dibawah ini adalah beberapa point utama yang sudah saya pikirkan sebelumnya, walaupun mungkin dalam perjalanannya akan ada penambahan, perubahan, ataupun revisi dari point-point tersebut di bawah ini :

1.  Seperti layaknya di dunia nyata, bila kita ingin membuat account atau rekening di Bank, kita harus daftar dan memberikan semua data pribadi kita dengan sebenar-benarnya ke Bank tersebut, dan kita tidak perlu khawatir data pribadi kita akan disalah gunakan oleh Bank, karena itu sudah menjadi peraturan dan ketetapan Bank. Nah yang ingin saya terapkan dalam konsep i-BK ini mirip seperti bank di dunia nyata, anda mendaftar dan  membuat account di i-BK dengan memberikan data pribadi anda dengan sebenar-benarnya, tapi ingat i-BK bukan bank keuangan anda, tapi i-BK adalah bank kepribadian anda, yang menyimpan data-data pribadi anda, jadi dalam mendaftar dan memberikan semua data pribadi ke i-BK bukan karena dipaksa atau terpaksa, namun harus dengan rasa tulus dan ikhlas dari hati yang jujur, mengapa harus demikian ?......,
(sementara akan saya beri contoh), “  karena bila suatu hari si A adalah penjual produk online dan si B adalah konsumen yang mencari produk si A, dan mereka saling tahu bahwa si A dan B adalah member dari i-BK, yang mana pada akhirnya mereka tahu data masing-masing pribadi, lalu apa yang bisa anda bayangkan dalam hal ini ??..., apakah transaksi akan berlanjut atau transaksi batal ?..., yang pasti transaksi akan berjalan dan lancar, mengapa saya yakin akan hal ini, karena mereka tahu dan dengan sadar bahwa bila mereka terdaftar sebagai member i-BK , mereka akan melakukan segala jenis kegiatan online dengan benar dan jujur dengan tujuan agar tercipta simbiosis mutualisme dan itu semua timbul dari dalam hati kita masing-masing pribadi yang ingin saling percaya dan terbuka dalam hal transaksi online “.

2.  Hukuman ??...., pasti anda akan bertanya hal ini, saya sadar saya bukan jendral atau punya ribuan pasukan khusus, saya hanya orang biasa sama seperti anda , lalu apa yang bisa diperbuat untuk para member yang memang tidak jujur, menjadi pembohong, dan mengkhianati dirinya sendiri. Dari point awal bahwa bila ingin menjadi member i-BK, harus dilandasi dengan rasa tulus, ikhlas dan jujur, agar tercipta kepercayaan. Atas semua itu saya pun punya konsep dalam memberi hukuman atas member yang mengkhianati dirinya sendiri, yaitu foto dan data pribadi orang tersebut akan ditampilkan dalam daftar ORANG PENGKHIANAT DIRI atau daftar orang yang sudah tidak dipercaya, dan itu akan ditampilkan selamanya didalam situs i-BK termasuk nama dan alamat bisnis onlinenya, dan semua orang bisa mengakses dan melihat dengan mudah daftar orang-orang yang sudah tidak dipercaya lagi dalam dunia online, dan semua para netter bisa waspada dan hati-hati bila ada bisnis online yang mana nama adminnya terdaftar dalam blacklist i-BK.

3.  Setiap manusia pasti punya kesalahan dan ke khilafan, mungkin suatu saat ada member i-BK yang sudah menyadari kesalahannya dan ingin memperbaiki citra nama dan pribadinya kembali ke keadaan yang baik, dalam hal ini i-BK pun mendukung rasa penyesalan ini untuk memberikan kesempatan lagi memperbaiki data pribadi anda yang rusak karena perbuatan anda sendiri. Dalam hal ini i-BK pun punya peraturan sendiri, bila seorang member ingin memperbaiki data pribadinya keluar dari daftar blacklist i-BK, orang tersebut harus memberikan ganti rugi 100% ke semua orang yang memang pernah dirugikan, memberikan pernyataan maaf dan menyesal ke semua orang yang pernah dirugikannya via email, (atau ketemu langsung lebih baik kalau jarak memungkinkan untuk bertemu.), dan juga memberikan pernyataan resmi mohon maaf dan menyesal di situs i-BK, agar semua member dan semua netter dapat mengetahuinya. Terakhir anda akan dikeluarkan dari daftar blacklist i-BK setelah semua orang yang pernah anda rugikan memberikan laporan ke i-BK bahwa mereka telah mendapatkan ganti rugi 100% dari anda.

4.  Bagaimana i-BK mengetahui bila atas nama si A adalah pebisnis jasa atau produk online yang tidak jujur dan berniat untuk menipu para konsumennya ?.., selama atas nama si A telah terdaftar menjadi member i-BK anda bisa memberikan laporan anda ke i-Bk bahwa atas nama si A telah merugikan saya atau si A telah menipu saya, dengan memberikan data anda dan jenis kerugian yang anda alami, i-BK bisa langsung memberikan warning dan peringatan ke member atas nama si A tsb, untuk segera menghentikan kegiatan bisnis onlinenya dan mengganti rugi dari konsumen yang telah dirugikannya. Dan dalam waktu 2x24 jam (waktu bisa berubah ) tidak ada respon dari member si A, untuk menyelesaikan masalah dengan konsumen yang complain kepadanya, maka i-BK akan memasukkan sementara member atas nama si A ke daftar yellowlist i-BK, dan bila masih tidak memberi respon dalam 3x24 jam berikutnya, maka i-BK tidak segan-segan untuk memasukkan member atas nama si A ke daftar blacklist i-BK, dan dengan otomatis bisnis onlinenya tidak akan ada yang percaya lagi dan dengan sendirinya bisnis onlinenya akan mati, dan reputasi nama pribadinya pun akan buruk dan rusak di dunia maya karena akan tercantum selamanya di daftar hitam i-BK.

5.  Berapa banyak kah i-BK memberikan kesempatan kepada member yang memiliki kesalahan untuk memperbaiki kembali atas kesalahannya. Dalam hal ini i-BK memberikan kesempatan kepada member i-BK atas ke khilafannya sebanyak 3 kali saja, setelah itu member  tidak bisa memperbaiki atas kesalahannya lagi, mengapa seperti ini,  karena bila i-BK tidak memberikan batas atas kesempatan untuk memperbaiki kesalahan, maka seorang member dengan mudah akan berbuat berulang-ulang yang sama, bila hari ini menipu besok akan perbaiki, begitu seterusnya, dan ini sama saja bahwa orang tersebut telah menipu dan merugikan i-BK, dalam hal ini nama dan reputasi i-BK dipertaruhkan dan akan jatuh akibat seseorang yang dengan mudah menipu dan memperbaiki status didalam keanggoataan i-BK.

      Ingat bila anda mendaftar pertama kali menjadi member i-BK, mungkin data yang dibutuhkan hanya sebatas data pribadi anda, namun bila anda memiliki kesalahan dan ingin memperbaiki kesalahan anda, maka anda harus mendaftar ulang kedua dimana syaratnya akan lebih banyak yaitu disamping data pribadi anda, data keluarga anda pun akan i-BK minta sebagai bentuk keseriusan anda dalam memperbaiki kesalahan anda.

       Bila anda masih mengulangi kesalahan anda yang ketiga, yah i-BK masih memberikan 1 kesempatan lagi yang terakhir untuk anda memperbaiki data pribadi anda, namun anda harus mendaftar ulang lagi yang ketiga, dan syarat-syaratnya lebih banyak lagi, selain data pribadi, dan data keluarga yang terbaru, data pernyataan bahwa anda orang baik dan tidak akan merugikan orang lain, yang ditanda tangani oleh RT/RW bahkan desa atau camat dimana anda tinggal, bahkan mungkin tanda tangan dari kapolsek yang ada di daerah anda akan i-BK minta dan dibutuhkan sebagai bentuk keseriusan anda untuk tidak mengulanginya lagi untuk terakhir kali. Dengan konsep begini semuanya akan menjadi baik.

    Konsep i-BK sebenarnya mudah dan simple, mungkin point tersebut diatas bisa dikatakan panjang karena saya memberikan penjelasan dan contoh, namun konsep sebenarnya bisa disingkat seperti dibawah ini :
 
1. Mendaftar dan memberikan data yang jujur serta tulus dan ikhlas tanpa dipaksa dan terpaksa.

2. Menerima konsekuensi hukuman, data pribadi anda akan masuk blacklist i-BK dengan ikhlas apabila melakukan kesalahan atas perbuatannya sendiri.

3. Mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki kesalahan yang diperbuatnya sendiri.

4. Baik tidaknya nama dan pribadi anda itu, ditentukan oleh konsumen yang berhubungan dengan anda sendiri dalam transaksi online yang dilakukan.

5. Peraturan i-BK memberikan kesempatan kepada semua member untuk memperbaiki kesalahan hanya sebanyak 3 kali kesempatan saja, setelah itu nama dan data pribadi anda akan ditentukan oleh kesempatan yang ke 3 (tiga), atau kesempatan yang terakhir. Bila dalam kesempatan ke 3 ini anda tidak mengulangi kesalahan lagi maka anda akan masuk daftar baik, dan sebaliknya bila mengulanginya lagi maka anda akan masuk daftar buruk atau blacklist, dan tidak bisa diubah lagi untuk selamanya. Tapi bila anda memang seorang member yang baik. Maka dari awal dan seterusnya anda akan selalu ada di daftar whitelist.

Intinya bila anda mau transaksi online dengan seseorang seperti jual beli. Anda Tidak perlu mencari kredibilitas atau kepercayaan orang tersebut, dengan mencari-cari pengalaman-pengalaman dari blog atau forum-forum, yang memang sudah bertransaksi dengan orang tersebut. Tapi cara ini tidak efektif dan hasilnya tidak pasti dan akan membuang-buang waktu, tenaga dan uang anda. Namun dengan konsep i-BK anda cukup mengakses situs i-Bank Kepercayaan, dan cari nama orang tersebut, bila nama yang anda cari telah terdaftar sebagai member i-BK dengan status whitelist, silahkan anda bertransaksi online dengan-nya, dijamin semuanya lancar, tapi bila nama yang anda cari belum terdaftar sebagai member i-BK, maka baiknya anda harus lebih hati-hati dan waspada bila ingin bertransaksi online dengan orang tersebut. Inilah inti dari konsep i-BK.
Jadi bila para netter sudah membaca sampai point ini. saya yakin anda sudah tahu tujuan dan maksud dari konsep i-BK ini, dan sudah terbayang dipikiran anda bagaimana hasil kesimpulannya.

 
Konsep i-BK sebenarnya sudah terpikirkan oleh saya sejak lama, namun saat itu saya tidak tahu harus memulainya dari mana, timbul konsep ini kembali karena saya menyadari dan menyaksikan di televisi, bahwa saat ini bangsa kita mengalami krisis kepercayaan yang sudah sangat kronis, mengapa ini bisa terjadi karena hampir semua sendi-sendi kehidupan di bangsa ini menjadi masalah karena seseorang yang mengemban tugas dan amanah itu sudah tidak lagi dipercaya dan terbuka serta mementingkan diri sendiri tanpa mementingkan simbiosis mutualisme sesama manusia.

Sudah cukup kita mendengar kesedihan dari orang-orang yang sudah tertipu oleh orang yang berwatak penipu ini, sudah cukup kita melihat orang-orang berdemo menuntut ini dan menuntut itu karena penguasa yang sudah membohongi rakyatnya. Mari kita perbaiki itu semua, berawal dari diri kita sendiri, dengan mendukung dan mendaftar menjadi anggota i-BK, saya, anda dan kita semua akan menciptakan SEJUTA RASA KEPERCAYAAN, yang mana akan melahirkan orang-orang yang berwatak jujur, ikhlas, tulus, dan peduli sesama manusia, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada semua sendi kehidupan baik di dunia nyata atau di dunia maya, dan bangsa Indonesia pun mungkin akan menjadi bangsa terpercaya dan teraman dalam bertransaksi online, dan siapa tahu bila konsep i-BK ini dihubungkan dengan dunia nyata, maka para pejabat atau calon penguasa yang tidak terdaftar sebagai member i-BK pun, bisa anda ragukan kepercayaannya dalam mengemban tugas mensejahterakan rakyat, bila memang semua ini terjadi siapa yang akan menikmatinya ?.., yaahh kita semua !!.


Berikut contoh gambar foto bila anda menjadi member di i-BK.



( - keterangan pada contoh gambar di atas, ada 3 foto :

1.      Foto Pertama menunjukan bahwa orang ini ada (di whitelist) atau daftar orang-orang dengan kepribadian yang dapat di percaya atau status orang ini Terpercaya. Jadi bila netter akan berhubungan transaksi online dengan orang ini maka bisa dipercaya dan tidak akan merugikan anda. Nah ini di tandai dengan background foto berwarna putih.

2.      Foto Kedua menunjukan bahwa orang ini ada (di yellowlist) atau daftar orang-orang, yang sedang dalam complain atau bermasalah dengan klien, costumer, atau dengan anda, dimana transaksi online anda dengan orang ini belum ada penyelesaian dengan baik, jadi anda bisa mulai hati-hati dengan orang ini bila ingin transaksi online dengannya. Nah ini di tandai dengan background foto berwarna kuning. Ini di lakukan oleh pihak i-BK, bila orang tersebut dalam 2x24 jam tidak merespon sms atau email pemberitahuan dari i-BK, dan bila dalam 3 hari ke depan juga tidak ada respon, maka akan berubah jadi blacklist.

3.      Foto Ketiga menunjukan bahwa orang ini ada (di BLACKLIST) atau daftar hitam orang-orang dengan kepribadian yang BERMASALAH atau status orang ini TIDAK TERPERCAYA. Jadi baiknya netter JANGAN PERNAH berhubungan transaksi online dengan orang ini karena akan merugikan anda. Nah ini di tandai dengan background foto berwarna coklat gelap.

4.        Dalam kolom yang berwarna biru, ada kode yang harus saya sedikit jelaskan, berikut ini keterangannya :
-          INA           : adalah Indonesia (maksudnya kode negara, siapa tahu konsep ini   diterima oleh seluruh dunia,  jadi bisa berlaku secara internasional. Saya harap sih.

-          D               : misalnya Jakarta (maksudnya kode propinsi, tentang soal kode ini para netter bisa memberikan masukan, apakah sama dengan kode plat nomor kendaraan, agar mudah mengetahuinya, atau memang i-BK harus punya kode sendiri, mohon pendapatnya?

-          JB             : misalnya jakarta barat (maksudnya ini kode kabupaten)

-          86              : 1986 maksudnya ini tahun anda lahir, supaya langsung tahu berapa usia orang tsb

-          ID-BK.011-00035/B : Kalau kode ID-BK dan nomor member adalah ketentuan yang sudah ditetapkan, namun untuk kode /B, adalah golongan darah anda. Terakhir tentunya nama lengkap anda.

-          Sebagai catatan saja, bahwa kode-kode ini bisa saja diganti, ditambah atau dihapus, tergantung dari kondisi dan saran dari para netter semuanya, kecuali untuk nama dan nomor member yang harus selalu ada pada foto setiap member, itu sudah jadi ketetapan dan tidak bisa dirubah.

   Sebagai contoh didalam blog ini ada contoh foto wanita profil member i-BK di sidebar, nah bila anda klik foto itu, maka akan muncul data lengkap pribadi tentang wanita itu, ingat ini Cuma contoh saja.

Mungkin sampai paragraph ini, saya sudah menjelaskan semua tentang konsep i-BK ini, dan saya yakin anda sudah bisa menangkap semuanya. Saya pun ucapkan terimakasih banyak kepada para netter yang sudah memberikan waktunya untuk membaca semua yang ada di blog i-BK ini.

Sebagai bentuk dukungan dan keyakinan para netter akan konsep i-BK, bahwa ini memang sebuah konsep awal yang baik bagi transaksi online di Negara kita, sudihlah memberikan komentar diblog ini, berupa saran dan keritik yang membangun (jangan spam), dan bukan keritikan orang-orang yang pesimis tapi yang saya harapkan keritikan positif yang bisa memperbaiki kekurangan konsep i-BK saya ini, dan bila anda memang langsung menyukai konsep i-BK ini, para netter bisa langsung memberikan jempol anda di tombol like facebook yang ada di sidebar, atau para netter pun bisa langsung menjadi followers blog ini.

Catatan : untuk komentar yang mendukung, silahkan tulis di halaman/page komentar dukung, dan untuk komentar yang berupa masukan dan kritikan positif, silahkan tulis di halaman/page komentar kritikplus, ini saya maksudkan untuk mengurangi rasa khawatir bila akan terjadi banyak komentar. Namun bila anda mau komentar didalam postingan ini juga tidak apa-apa, tinggal pilih enaknya anda dimana ?...
 
Akhir kata saya ucapkan Terima kasih banyak untuk semua para netter yang sudah mampir dan meluangkan waktunya untuk membaca dan memahami konsep i-BK ini. Silahkan para netter meneruskan pesan blog atau link blog ini ke sesama netter, ke saudara, sahabat, teman, komunitas, mailing list, dan lain sebagainya (baik online maupun offline), sebagai bentuk sharing pendapat. Sekali lagi saya tunggu komentar positif dan dukungan anda semua, untuk terciptanya SEJUTA RASA KEPERCAYAAN!.